5 Tips Paling Penting Saat Memilih VGA Terbaik

Video Graphics Array alias VGA adalah salah satu komponen wajib dioptimalkan bagi pengguna PC maupun laptop untuk keperluan desain grafis atau gaming kelas berat. VGA berfungsi sebagai komponen dasar yang memproses data visual untuk ditransfer ke monitor. VGA gaming mampu menghasilkan frame rate yang tinggi pada resolusi tinggi, yang menghasilkan gambar jernih, tajam, dan lancar tapa lag. Kondisi ini tentunya dapat meningkatkan gairah gaming lebih maksimal. Namun, harga VGA gaming yang selangit tentunya menjadi bahan pertimbangan yang wajib dipikirkan sebelum membeli komponen ini.

 

VGA sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu VGA On-Board dan VGA Add-On (Atau sering disebut juga dengan VGA Card). VGA On-Board adalah sistem pembacaan grafis bawaan dari motherboard, sedangkan VGA Card adalah VGA tambahan yang dapat dilepas dan dipasang sesuai dengan kebutuhan. VGA jenis ini bekerja secara independen tanpa mengandalkan kemampuan RAM, oleh sebab itu pemilihan VGA Card berkualitas tinggi tentunya sangat penting bagi seorang gamer atau grafik desainer.

 

5 Tips Paling Penting Saat Memilih VGA Terbaik

 

Nah, untuk memaksimalkan pilihan coba simak beberapa tips penting di bawah ini sebelum membeli VGA Card untuk PC/laptopmu!

  • Cek kompatibilitas

Motherboard adalah bahan dasar dalam merancang PC atau memodifikasi laptop untuk kinerja yang kita inginkan. Masalahnya, setiap motherboard memiliki beberapa daftar dukungan GPU VGA Card yang harus disesuaikan. Oleh sebab itu, wajib untuk mengetahui seri GPU yang bisa digunakan dalam motherboard sebelum kamu terlanjur membeli segala jenis komponen, termasuk VGA Card. Selain itu, pastikan juga bahwa layar monitormu mampu mendukung grafis dengan resolusi tinggi yang nantinya mampu mengimbangi kinerja VGA guna hasil yang sempurna.

Baca Juga :  4 Stop Kontak Pilihan si Cerdas

 

  • Prioritaskan pada GPU

Laptop memiliki otak yang dikenal dengan central processor unit alias CPU, sedangkan otak dari VGA adalah graphics processing unit atau GPU. Jika CPU mengolah data dan perintah umum dari komputer/laptop, GPU berfungsi dalam mengelola dan mengeksekusi data grafis secara spontan saat proses gaming atau desain grafis berjalan.

 

Untuk mendapatkan VGA Card dengan GPU yang tinggi bisa dilihat dari seri GPU Chip yang tertera pada produk. Dengan seri makin tinggi, berarti semakin bagus. Sebagai contoh: Nvida GeForce GTX 1080 lebih baik dibandingkan seri GeForce GTX 1050.

 

  • Cek Clock Speed

Clock speed dalam VGA menunjukkan kecepatan GPU saat mengeksekusi data grafis yang ditransfer ke layar, dengan satuan clocking MHz hingga GHz. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan GPU dalam VGA Card seperti jumlah core, ukuran core, kecepatan operasi memori, jenis serta arsitektur pada VGA. Semakin tinggi clock speed dapat menghasilkan kinerja dengan lag yang semakin minim.

 

  • Cek Tipe Memori dan Bandwidth

Jenis memori adalah hal yang cukup krusial dalam memilih VGA Card. Ada beberapa jenis kartu memori, namun yang paling umum dan efektif untuk VGA adalah memori bertipe DDR atau GDDR. Untuk mendapatkan performa pengolahan grafis terbaik, sangat disarankan untuk menggunakan tipe DDR atau GDDR terbaru pada setiap eranya, seperti DDR5 dan GDDR7 yang akan dirilis di 2020.

 

Selain itu, penting juga untuk mengoptimalkan bandwidth VRAM pada VGA. Mirip dengan RAM, Video RAM atau VRAM ini berfungsi sebagai media penyimpanan sementara saat komputer/laptop sedang mengeksekusi grafis. Semakin tinggi nilainya, akan menghasilkan frame rates yang tinggi sehingga video grafis tampak lebih smooth dan realistis. Sebagai patokan, VGA card untuk gaming biasanya memiliki width 128 bit dengan GDDR5 2GB.

Baca Juga :  Harga xiaomi tidak sampai 4 jutaan? Yuk simak 3 keunggulannya.

 

  • Cek Spesifikasi dan Budget

Tentunya kamu harus memeriksa dengan teliti requirement dari game atau software yang akan kamu eksekusi dengan VGA Card yang baru. Perlu diingat juga bahwa tidak akan ada habisnya bila membahas mana yang lebih bagus antara AMD atau Nvidia. Kedua brand tersebut memiliki keunggulan masing-masing, dan tidak penting kamu mau memakai yang mana, asal VGA Card yang kamu pilih sudah sesuai dengan spesifikasi, kompatibel dengan motherboard, memiliki GPU, clock speed, dan kapasitas memori yang tinggi, plus sudah sesuai dengan budget.

 

Itulah 5 tips dasar yang wajib kamu perhatikan sebelum membeli VGA Card. Semoga berjodoh ya!