6 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Tak Kalah Cantik dengan Ikan Hias Air Laut

ikan hias 2

Siapa yang mempunyai hobi memelihara ikan di rumah? Memelihara ikan hias di rumah juga menambah kesan ‘kembali ke alam’ bagi penghuni rumah. Kamu bisa memelihara ikan hias di dalam rumah ataupun di luar ruangan. Jika kamu mempunyai lahan di dalam rumah, membuat kolam ikan tentu akan menambah keasrian, apalagi suara gemericik air bisa memberikan ketenangan bagi penghuninya. Jika tidak ada lahan, memelihara ikan di akuarium adalah solusinya.

Untuk mengetahui ikan hias apa saja yang bisa dipelihara bisa klik di sini.

Tak hanya ikan hias air laut, ikan hias air tawar juga tak kalah memukau karena bentuk dan juga warnanya. Berikut ini beberapa ikan hias air tawar yang bisa kamu pelihara :

6 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Tak Kalah Cantik dengan Ikan Hias Air Laut

Kumpai

ikan hias 1

Bagi kamu yang tidak ingin ribet memelihara jenis ikan hias, maka kamu bisa memilih ikan Kumpai untuk dipelihara. Ikan kumpai ini mempunyai kemiripan dengan ikan Koi, walaupun ikan ini mempunyai bentuk lebih ramping dengan warna yang agak pucat. Ikan Kumpai ini biasanya dipelihara bersama dengan ikan Koi. Ikan Kumpai ini mempunyai bermacam warna mulai dari jingga, putih, keemasan dan putih kotor.

Cupang

ikan hias 2

Ikan cupang ini juga biasa dikenal dengan ikan beradu, karena sering beradu apabila dihadapkan dengan ikan cupang lainnya. Ikan ini mempunyai keistimewaan karena memiliki bermacam warna dengan ekor dan sirip yang menjuntai indah. Walaupun cukup menarik, sebisa mungkin untuk tidak mencampur ikan ini dengan ikan lainnya karena sifat agresifnya, sehingga kamu bisa menyimpannya di botol atau akuarium kecil. Untuk makanannya , kamu bisa memberikan cacing dara, cacing rambut ataupun jentik-jentik nyamuk.

Baca Juga :  Jangan Takut, Berikut Kiat Sukses Usaha Jamur Tiram

Manfish

ikan hias 3

Ikan hias air tawar lainnya yang bisa kamu pelihara dengan ikan hias air laut adalah ikan Manfish. Ikan ini mempunyai sifat tidak agresif, pendiam, dan jarang bergerak sehingga cocok apabila dipelihara bersama dengan ikan jenis lainnya. Ikan ini mempunyai bentuk seperti layang-layang sehingga sebagian orang menyebutnya ikan layang-layang.

Sumatra Barb

ikan hias 4

Ikan hias air tawar ini berasal dari Sumatera dan Kalimantan. Ikan yang juga dikenal dengan Tiger Barb ini mempunyai ciri khas corak empat garis hitam yang membujur menyerupai loreng Harimau.

Kuhli Loach

Ikan hias ini mempunyai bentuk yang unik karena berbentuk seperti belut. Ikan hias ini berasal dari pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera dan negara Thailand. Ikan ini terkenal dengan kemampuan yang membersihkan alga di akuarium sehingga disebut juga dengan nama ikan pembersih. Biasanya ikan ini akan menempel di sela-sela batu akuarium untuk membersihkan dan menjaga keindahan akuarium.

Guppy

Siapa yang tidak kenal dengan ikan hias air tawar satu ini? harganya yang terjangkau dan pemeliharannya yang mudah, membuat ikan hias ini banyak dipelihara bahkan untuk anak kosan. Ikan yang berbentuk mungil ini mempunyai ukuran 2.5-5 cm. Ikan ini mempunyai motif warna di bagian siripnya. Ikan guppy ini juga cocok dipelihara bersama ikan hias lainnya.

Setelah mengetahui beberapa jenis ikan hias air tawar, berikut jenis makanan yang bisa kamu berikan:

  • Palet

Banyak orang menggunakan jenis makanan ini untuk ukuran ikan yang cukup besar. Bentuk makanan yang keras, padat dan kering membuat  ikan akan langsung memakan makanan ini tanpa mengunyahnya. Namun demikian, jenis makanan ini tidak cocok diberikan pada ikan hias yang dipelihara di akuarium karena akan mencemari air di dalamnya.

  • Granule
Baca Juga :  4 Rekomendasi Drama Korea untuk Menghilangkan Stres di Rumah

Jenis makanan ini berbentuk butiran, sehingga akan tenggelam apabila diberikan di kolam ikan. Pakan yang cocok untuk jenis ikan barb dan tetra ini juga diberikan ke dalam feeder otomatis karena bentuk makanan ini jarang menyumbat bagian dispenser.

Nah, kira-kira jenis ikan hias air tawar mana yang akan kamu pelihara dan cocok untuk kolam atau akuariummu?