Tradisi Tahun Baru Imlek Berbagai Negara, Mana yang Paling Unik?

tahun baru imlek 1

Tahun Baru Imlek selalu diperingati setiap tahun oleh warga keturunan Tionghoa di seluruh dunia. Tahun Baru Imlek atau disebut juga Sin Cia pada awalnya merupakan perayaan yang dilakukan oleh para petani di Tiongkok pada tanggal 1 di bulan pertama di awal tahun baru. Namun saat ini Tahun Baru Imlek biasanya pada tanggal 30 bulan ke-12 kemudian berakhir pada tanggal 15 bulan pertama. Kata Imlek sendiri berasal dari berasal dari dialek Hokkian atau Bahasa Mandarin yang artinya kalender bulan.

 

Biasanya Tahun Baru Imlek diperingati dengan melaksanakan sembahyang kepada Sang Pencipta (Thian) dan perayaan Cap Go Meh. Sembahyang ini merupakan bentuk doa, harapan, dan syukur kepada Sang Pencipta agar tahun berikutnya mendapatkan rezeki yang lebih banyak. Selain itu, sembahyang juga bertujuan untuk menghormati leluhur, karena warga Tionghoa sangat memuliakan leluhur. Sembahyang juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga dan kerabat.

 

Oleh karena itu, biasanya Tahun Baru Imlek selalu diperingati oleh warga etnis Tionghoa terlepas dari apa pun agamanya. Saat Tahun Baru Imlek, warga Tionghoa mengunjungi keluarga, kerabat, dan teman sambil saling mengucapkan Gong Xi Fa Cai yang artinya ucapan selamat dan semoga banyak rezeki.

 

Namun peringatan Tahun Baru Imlek di setiap Negara ternyata memiliki tradisi unik masing-masing yang berbeda. Ada yang sembahyang di kuburan leluhur, ada yang membeli bunga, ada yang mengadakan pemilihan Miss Chinatown, dan lain-lain. Nah, bagaimana tradisi unik Imlek di berbagai Negara? Inilah beberapa tradisi unik di beberapa Negara di dunia.

 

Tradisi Tahun Baru Imlek Berbagai Negara, Mana yang Paling Unik?

 

tahun baru imlek 2

1. Membeli Bunga di Hongkong

Di Hongkong, perayaan Imlek diperingati dengan mengadakan berbagai pertunjukkan budaya dan kembang api. Namun perayaan ini bisa berlangsung hingga 14 hari, tepatnya sebelum perayaan Festival Bulan Purnama yaitu hari ke-15 setelah tahun baru Imlek. Selain ini, perayaan Imlek yang unik di Hongkong yaitu kebiasaan warga untuk membeli bunga sehari sebelum Tahun Baru Imlek.

Tujuan membeli bunga ini yaitu untuk mendatangkan keberuntungan dan hal-hal baik selama perayaan Tahun Baru Imlek.

 

tahun baru imlek 3

2. Pemilihan Miss Chinatown di San Fransisco USA

Perayaan Imlek di Amerika ini termasuk paling unik. Jika biasanya perayaan Imlek diperingati dengan pertunjukan budaya Tionghoa saja seperti barongsai, perayaan Imlek juga diperingati dengan mengadakan pemilihan Miss Chinatown di San Fransisco.  Jadi setiap tahun akan selalu diadakan ajang Pemilihan Miss Chinatown USA yang penobatannya diselenggarakan bertepatan dengan perayaan tahun baru Imlek.

3. Memberi Hadiah Nanas di Malaysia

Parcel buah-buahan memang biasanya umum diberikan saat kita berkunjung ke rumah keluarga atau kerabat. Namun di Malaysia, biasanya warga Tionghoa memberikan buah nanas sebagai hadiah saat berkunjung ke rumah keluarga atau kerabat. Hal ini karena nanas dipercaya mampu mendatangkan keuntungan serta merupakan simbol kebahagiaan sehingga harapannya tahun berikutnya mendapatkan keuntungan dan kebahagiaan.

4. Mengundang Tamu yang Membawa Keberuntungan di Vietnam

Silaturahmi ke rumah keluarga atau kerabat memang hal yang umum dilakukan saat Tahun Baru Imlek tak terkecuali di Vietnam. Di Vietnam, perayaan Tahun Baru Imlek dikenal dengan nama Tet.

 

Menariknya, masyarakat Vietnam memiliki kepercayaan bahwa tamu pertama yang mengunjungi rumah akan menentukan keberuntungan di tahun berikutnya. Menjelang perayaan Tet atau Tahun Baru Imlek, masyarakat akan mengundang orang-orang yang dianggap memiliki rezeki yang banyak atau memiliki keberuntungan yang baik untuk datang ke rumah. Dengan begitu harapannya selama tahun tersebut, mereka akan mendapatkan rezeki dan keberuntungan yang baik juga.

tahun baru imlek 4

5. Menggantung Dekorasi Buah di Filipina

Tradisi Imlek di Filipina bisa terbilang unik.  Masyarakat Tionghoa di Filipina biasanya menggantung dekorasi buah berbentuk bulat yang digantung di atas rumah. Menjelang Tahun Baru Imlek, masyarakat akan menggantungkan delapan buah berbentuk bulat. Buah-buahan yang digantung misalnya jeruk, apel, anggur, dan lainnya.