5 Langkah Jitu Merawat Honda Vario 150 Saat Musim Hujan

Motor matic telah menjadi primadona bagi konsumen di Indonesia. Konsumen motor matic di Indonesia sendiri setiap tahunnya mengalami peningkatan. Konsumen motor matic sendiri tidak hanya didominasi oleh laki-laki namun juga perempuan. Permintaan konsumen terhadap motor matic merajai pangsa pasar di Indonesia. Meningkatnya permintaan konsumen terhadap motor matic berbanding lurus dengan meningkatkan jumlah produksi motor matic. Pabrik perakitan motor berlomba-lomba memasarkan motor matic-nya hingga ke pelosok negeri.

 

Brand motor matic ternama di Indonesia yakni Honda, setiap tahunnya berhasil meningkatkan rate konsumen motor matic. Hal ini terbukti dengan dikeluarkannya motor matic Honda Vario 150 yang memiliki sistem injeksi atau sistem pembakaran karburator. Selain Vario 150, jenis tipe matic yang diproduksi oleh Honda motor yakni, Bario 110, dan Vario Techno 125.

 

Sayangnya tingginya konsumen motor matic di Indonesia, tidak pula dibarengi dengan meningkatnya kesadaran pengguna untuk merawat motor matic-nya dengan baik. Terlebih saat musim hujan tiba, motor matic mengalami tingkat kerusakan dan intensitas masuk bengkel lebih sering daripada hari biasanya. Kurangnya pengetahuan dalam perawatan mesin motor matic menjadi faktor utama motor matic sering ngadat, yang tiba – tiba mogok di jalan, ban bocor, dan lain sebagainya. Namun tenang saja, nyatanya tidak semua orang pun paham bagaimana merawat motor matic agar tetap awet terlebih jika musim hujan tiba.

 

Honda Vario 150 terbaru menjadi andalan motor matic di tahun ini, jebolan PT. Astra Honda Motor (AHM) menjadi kasta tertinggi pada lini matic series terdahulunya. Motor Vario ini memiliki kapasitas 150 cc, yang memiliki tenaga maksimal dalam berkendara 13 hp. Dilengkapi dengan sistem penerangan yang mumpuni yakni LED pada lampu bagian depan maupun belakang. Fitur terbaru dari Vario ini adalah adanya sistem kunci Smart Key System dan Answer Back System. Fitur ini berfungsi memudahkan pengguna untuk mencari motornya di parkiran.

 

Teknologi mesin yang digunakan adalah mesin eSP dan hanya terdapat pada Honda Vario 150 terbaru, dilengkapi juga dengan fitur rem CBS, dan ISS. Walaupun hanya dijual dalam satu tipe, namun Vario 150 ini tetap memberikan pilihan warna yang beragam.

 

Berbicara harga Honda Vario 150 di pasaran, motor ini menduduki harga termahal dibanding tipe sebelumnya, yakni 23 jutaan. Memiliki kualitas yang sempurna dan performa yang tinggi, ukuran harga sepadan dengan kualitas yang dimiliki motor kelas kasta tertinggi ini. Sehingga menjadi pilihan terbaik konsumen di pasar Indonesia.

 

Melihat kualitas motor terbaik tentunya kita juga tidak ingin, di musim hujan seperti ini menjadi kendala bagi performa motor Honda Vario 150 ini. Tentunya perawatan motor Honda matic Vario 150 ini menjadi prioritas utama agar tetap awet dan tahan lama. Terlebih perawatan motor matic untuk jenis motor injeksi memang membutuhkan ketelatenan dan kesabaran penuh. Berikut ini 5 langkah jitu merawat motor Honda Vario 150 saat musim hujan tiba :

 

1. Rutin memanaskan motor di pagi hari

Memanaskan motor Honda Vario 150 di pagi hari adalah salah satu cara agar mesin motor tidak ‘kaget’ saat berkendara. Memanaskan mesin motor ini agar oli dalam mesin siap melumasi sehingga bisa tahan performa berkendara. Waktu yang terbaik untuk memanaskan motor adalah 5 sampai 10 menit.

 

2. Mengganti oli secara berkala

Lakukan ganti oli perawatan rutin setiap 2 sampai 3 bulan sekali, dan jangan lupa untuk menyesuaikan oli dengan spesifikasi motor matic yang digunakan. Mengganti oli ini sangat penting bagi performa motor dalam berkendara serta menjaga motor  Vario 150 agar tetap awet tahan lama. Kondisi musim hujan terkadang kita terjebak di tengah banjir ataupun genangan. Oleh karena itu cek kondisi mesin apakah oli tercampur air. Jika warna oli berubah maka harus ganti dengan oli yang baru.

 

3. Cek kondisi filter udara, jika basah maka segera keringkan.

Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kerusakan yang berlanjut pada mesin motor Vario 150.

 

4. Cek kondisi busi

Bagian ini sangat rentan kemasukan air, terlebih ketika banjir dan kerap membuat motor mogok. Cara terbaik dengan memeriksa ujung busi, apabila terdapat air segera bersihkan dan keringkan dengan lap kering. Lalu cek stater motor Vario 150 dengan kondisi busi yang dilepas beberapa saat. Barulah pasang kembali busi tersebut dengan pas.

 

5. Menghindari karat

Untuk menghindari karat pada musim hujan, yang harus dilakukan minimal dengan menyiram body dengan air agar motor Vario 150 awet dan tahan lama. Tidak lupa untuk service rutin ke bengkel resmi Honda terdekat.

 

Tidak hanya merawat motor pada musim hujan saja loh, kita juga bisa merawat motor Honda Vario 150 dengan modifikasi penampilannya. Untuk merawat penampilan motor Vario 150 ini dibutuhkan keterampilan dan biaya yang tidak sedikit.  Salah satu modifikasi yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti ban Vario 150.

 

Setuju ga sih, jika kita lihat penampilan Vario 150 yang gahar ternyata untuk ukuran ban masih terlalu kecil. Untuk menyeimbangkan penampilannya tersebut, alangkah baiknya Honda Vario 150 modifikasi bagian ban sehingga terlihat matching dengan mesinnya yang berkapasitas 150 cc. Jadi tunggu apalagi, miliki dan rawat Honda Vario 150 sehingga penampilannya semakin menawan, awet dan tahan lama.