Jangan Takut, Berikut Kiat Sukses Usaha Jamur Tiram

jamur tiram 1

Perkembangan usaha Jamur Tiram di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan. Nilai perdagangan internasional Jamur Tiram ke beberapa negara menduduki peringkat tertinggi setelah Bawang Merah. Nilai ekspor Jamur Tiram sendiri sebesar 0.29 ribu ton atau sekitar 1.08 juta ditahun 2018.

 

Namun jumlah tersebut tidak berbanding lurus dengan konsumsi pangan Jamur Tiram di Indonesia sendiri. Masyarakat Indonesia  tergolong masih sangat rendah untuk konsumi Jamur Tiram sehingga dalam hal ini, peningkatan usaha dan bisnis Jamur Tiram terus dikembangkan untuk membantu peningkatan komoditas dan daya konsumsi masyarakat terhadap Jamur.

 

Usaha Jamur Tiram pada umumnya sangat menjanjikan hal ini dapat dilihat dari omzet dan keuntungan yang di dapatkan dari pengusaha Jamur Tiram itu sendiri.  Terlebih perkembangan era digital, yang dapat membantu dalam proses pemasaran secara online.

 

Munculnya berbagai macam e-commerce sangat membantu dalam kesuksesan usaha Jamur Tiram saat ini. kemudahan dalam penjualan, pembelian bahan atau bibit dalam proses usaha saat ini sangat mudah, karena bisa terhubung langsung dengan penyedia produksi Jamur Tiram secara langsung.

 

Jamur Tiram (Pleurotus sp.) merupakan jamur yang banyak di konsumsi masyarakat sehingga banyak dibudidayakan untuk usaha oleh petani. Dari hasil penelitian Jamur Tiram sendiri memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi yakni memiliki kandung protein, karbohidrat, serat dan lemak. Dalam 100 gram Jamur Tiram mengandung sejumlah kalori, kalsium, besi, fosfor, vitamin B1, vitamin B2, serta vitamin C, sehingga tidak salah jika Jamur Tiram merupakan bahan pangan yang akan banyak digunakan dimasa depan.

 

Sebagai ladang usaha Jamur Tiram cukup menjanjikan, asalkan tahu bagaimana proses budidaya dan penanganannya.  Umumnya Jamur Tiram sangat cocok pada lingkungan yang sejuk dataran tinggi, yang memiliki suhu dan kelembaban yang sejuk. Nah berikut ini adalah salah satu kiat sukses buat kamu yang ingin memulai usaha budidaya Jamur Tiram.

Baca Juga :  Lirik, Terjemahan, dan Chord Kartonyono Medot Janji

 

jamur tiram 2

 

Kiat Sukses Usaha Jamur Tiram

 

 

  • Pemilihan ladang usaha (Rumah Kumbung)

Pemilihan ladang usaha untuk budidaya Jamur ini harus disesuaikan dengan kondisi tumbuh kembangnya Jamur, harus bersih dan jauh dari kandang hewan. Kebersihan ladang budidaya ini mempengaruhi tingkat keberhasilan tumbuhnya Jamur Tiram. Untuk ukuran ladang usaha sendiri sekitar  6 m x 4 m x 4m yang dipersiapkan untuk Rumah Kumbung, dengan kebutuhan jamur 500 – 1.500 Baglog. Kumbung adalah tempat atau media untuk tumbuhnya Jamur yang terbuat dari bilik bambu.

 

  • Pembuatan Media Tanaman (Baglog)

Yakni dengan mempersiapkan serbuk bubuk kayu yang telah di gergaji yang kemudian disusun dan dicampur dengan media yakni dedak, gips dan kapur yang telah ditakar sesuai aturan.  Kemudian setelah itu dilakukan pemeraman, yakni mencampur serbuk gergaji dengan media dedak, gips dan kapur, dan ditutup dengan plastik, selama 1 malam, tujuannya untuk mengeluarkan senyawa-senyawa yang kompleks sehingga memaksimalkan pertumbuhan Jamur.

 

  • Inkubasi atau Penyimpanan

Yakni penyimpanan Baglog yang telah terisi media sehingga akan tumbuh Miselia Jamur.

 

  • Perawatan

Dalam perawatan yang sangat utama dalam menjaga sterilisasi dan menjaga kelembaban suhu sehingga Jamur tumbuh sempurna.

 

  • Pemanenan

Jamur siap dipanen dengan ciri Jamur tudung belum kering, spora belum dilepaskan, tekstur Jamur masih kokoh dan lentur.

 

Untuk mencapai kesuksesan dalam sebuah usaha, tentunya harus dilakukan dengan tekun dan telaten. Terlebih budidaya Jamur secara generik, memerlukan perawatan yang teliti, dari mulai sterilisasi rumah Kumbung, penyimpanan media Jamur, kelembaban suhu ruangan, dan pemanenan yang sesuai dengan kriteria Jamur yang siap dipanen. Untuk informasi budidaya jamur tiram, bisa lihat selengkapnya di sini.

 

Sebagai generasi digital usaha Jamur Tiram ini menjadi usaha yang menjanjikan dengan dukungan pemasaran teknologi, tentunya tidak menutup kemungkinan, proses pemasaran lintas negara akan semakin cepat dan mudah. Bagaimana sudah terbayang untuk memulai usaha budidaya Jamur Tiram? Pastikan perlengkapan usaha terpenuhi mulai dari peralatan hingga bahan atau media yang akan digunakan.

Baca Juga :  Daftar Film Romantis Era 2000-An yang Kisahnya Tak Lekang oleh Waktu!